Rabu, 16 November 2011

Mari Kita Mencintai Batik Indonesia

Batik merupakan warisan nenek moyang kita yang di kenal sejak abad XVII yang di tulis atau di lukis pada daun lontar, saat itu motifnya masih di dominasai dengan bentuk binatang dan tumbuh-tumbuhan, dan  pada perkembangannya motif binatang dan tumbuh-tumbuhan lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah pembuat batik tersebut.
Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit, dan pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian Solo dan Yogyakarta. Pada awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta pengikutnya. Dalam perkembangannya lambat laun kesenian batik ini ditiru oleh rakyat sekitarnya.
Pada saat ini batik tidak hanya popular di Indonesia saja, tetapi sudah dapat dijumpai di negara-negara lain di dunia seperti Malaysia. Thailand, India bahkan di Afrika. Meskipun demikian batik yang berasal dari Indonesia khususnya Jawa masih sangat terkenal dibandingkan batik dari daerah lain.
Mari kita mencintai batik Indonesia, entah itu batik buatan Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon atau daerah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar